Kamis, 05 Mei 2011

SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sistem Operasi merupakan bagian dari kegiatan Komputer sehingga tidak mudah untuk merumuskan dari sistem operasi.Untuk menjelaskan arti sistem operasi komputer, sejumlah orang mengemukakan beberapa pendekatan ke sistem tersebut., baik dari sudut pandang pengawasan , sudut pandang mengelola monitor , maupun sudut pandang mesin .

Sistem operasi harus harus dirancang, didesain dan dibuat terus sehingga dapat mengikuti perkembangan bidang Teknologi, terutama bidang Komputerisasi .
Sistem yang dijual dewasa ini biasanya digunakan untuk kegunaan umum atau keperluan pemakaian di perkantoran. 

Tujuan – Tujuan Sistem Operasi adalah; 
     1. Agar pemakai dapat merancang sistem operasi atau memodifikasi sistem operasi yang telah ada sesuai dengan kebutuhan user. 
     2. Agar dapat menilai Sis. Operasi dan memilih alternatif sist. Operasi sesuai dengan tujuan sist. Komputer yang dikembangkan.

Pengertian Sistem. Operasi
Secara umum sist. Operasi didefinisikan sebagai sekumpulan program yang bertindak sebagai penyalin antara user dengan Hardware .

 Komponen-komponen suatu sistem operasi pada umumnya terdiri dari ;

1.Eksekusi, adalah program yang digunakan untuk mengontrol   operasi seluruh sistem, baik pada waktu normal maupun abnormal.

2. Device driver, adalah program yang memberikan jalinan ke bermacam – macam perangakt keras dari sis. Komputer.

3. File handling system digunakan untuk me-manage file . File adalah koneksi dari informasi yang terorganisir dan biasanya disimpan dalam media magnetic.

4. Console command Processor , adalah program untuk memproses perintah –perintah yang diberikan oleh user.

5. Utility, adalah program yang dibuat untuk memudahkan pemakaian  komputer , misalkan membuat program , memanggil Library atau men-debug

Dengan pengertian diatas, dapatlah dinyatakan bahwa sist. Komputer adalah suatu program yang mengontrol eksekusim  dari aplikasi program dan bertindak sebagai penghubung antara user komputer dengan user hardware.

Perkembangan sist.operasi 
Perkembangan siste. Operasi dari tahun ke tahun sangatlah cepat, antara lain ;

Open shop system, komputer ini tidak memiliki sistem operasi . Setiap orang yang ingin memakai komputer harus mendaftarkan jadwal rencana pemakaiannya ke pengelola komputer.

Operator driven shop. Penggunaan didahului oleh berbagai persiapan , termasuk pemuatan bhs pemograman , program dan data. Setiap bergantian pekerjaan, maka setiap kali operator harus mempersiapkan komputernya. Pergantian tersebut menimbulkan kelambatan , kecuali kalau pekerjaan itu serupa. Untuk menghilangkan kelambatan , maka sebelum pekerjaan dimulai operator dapat mensortir pekerjaan menurut jenisnya.

Operasi off-line.Komputer menggunakan kartu lobang (punch card) untuk memasukan data ke punch card. Kemudian, kartu lobang yang sudah berdata ini memasukan data ke dalam komputer
Operasi Spool,melalui alat masukan, operator sudah dapat langsung memasukan data ke dalam pita magnet tanpa harus melalui punch card
Operasi time Sharring. Operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem operasi batch multi proggramming . Sistem ini menyediakan peluang bagi para user untuk dapat berinteraksi dengan komputer

Operasi real time programming. Pengelolaan data dari suatu pekerjaan di dalam komputer dapat dilakukan segera ataupun pada waktu tunda.

Sistem operasi sebagai Pengelola Sumber Daya
Sistem. Komputer adalah sekumpulan sumber daya untuk memindai, menyimpan , dan memproses data serta untuk mengendalikan fungsi ini. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola sumber – sumber daya . 

  Sumber daya pada sist. Komputer antara lain ;
                1. Perangkat keras , terdiri dari ;
                                a. Processor
                                b. Penyimpanan primer
                                c. penyimpanan sekunder
                                d. Input  device
                2. Perangkat Lunak , terdiri dari ;
                                a. Data
                                b. Proses
                3. Peralatan Komunikasi dan Jaringan

Struktur Dasar Sist. Operasi 

1. Sist. Monolitik
Pada sistem ini, sistem operasinya ditulis sebagai kumpulan prosedur , dimana setiap prosedur dapat memanggil yang lainnya jika diperlukan. Saat memakai sistem ini, tiap prosedur dalam sistem mempunyai interface yang telah ditetapkan.

2. Sistem Berlapis
Sistem ini dibuat secara hierarkhis berdasarkan lapisan – lapisan Lapisan bawah memberikan layanan untuk lapisan atasnya. Sistem ini dipakai oleh INTEL 386

3. Sistem dengan Mesin Maya
Struktur ini membuat seolah –olah pemakai mempunyai seluruh komputer dengan membuat simulasi atas mesin yang digunakan . Teknik ini digunakan oleh IBM /370

Tidak ada komentar:

Posting Komentar