Kamis, 16 Juni 2011

Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface

Dalam bagian ini, kita akan membicarakan bagaimana suatu class dapat mewariskan sifat dari class yang sudah ada. Class ini dinamakan subclass dan induk class dinamakan superclass. Kita juga akan membicarakan sifat khusus dari Java dimana kita dapat secara otomatis memakai method yand tepat untuk setiap object tanpa memperhatikan asal dari subclass object. Sifat ini dinamakan polimorfisme. Pada akhirnya, kita akan mendiskusikan tentang interface yang membantu mengurangi penulisan program.

Pada akhir pembelajaran ini, siswa harus mampu untuk:
• Mendefinisikan superclasses dan subclasses
• Override method dari superclasses
• Membuat method final dan class final

more,..........
»»  READ MORE...

Kamis, 12 Mei 2011

Membuat aplikasi database Client-Server pada jaringan komputer

Visual Basic 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi Client-Server, sedangkan Microsoft Access adalah database yang dikhususkan untuk aplikasi database berskala kecil sampai menengah, tapi juga dapat digunakan sebagai database pada jaringan komputer dan bertindak sebagai database server walaupun tidak sehandal database server yang sebenarnya seperti SQL Server atau Oracle. Banyak yang anda dapat pahami dan mengerti disini more
»»  READ MORE...

Microsoft Visual Basic .NET

Adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem.NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Form , Aplikasi Web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. 

Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++,Visual C# atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio.Net. 

Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas NET Framework . Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.

 Klik Modul Data Base Pemograman 
»»  READ MORE...

Rabu, 11 Mei 2011

Program Java untuk mengetahui Jumlah Bayar=Total Pembelian-Diskon

Contoh program dengan menggunakan JAVA, untuk mengetahui Diskon, dengan ketentuan, sebagai berikut :
Diskon :
     1. Total Pembelian > 5.000.000, diskon 10%
     2. Total Pembelian > 1.000.000, diskon 5%
     3. Selain itu, Tidak mendapat Diskon (0)

• Jumlah Bayar = Total Pembelian – Diskon
• Input : Jumlah Data, Nama Customer, Total Pembelian
• Proses : Seleksi Diskon berdasarkan Total Pembelian
• Output : Nama Customer, Total Pembelian, Diskon,


Keterangan :
1. Gunakan tipe data Array (Larik) untuk setiap variabel yang digunakan.
2. Penentuan Dsiskon, gunakan fungsi if
3. Nama File Java dengan Format bebas terserah anda

              


Program Input Keyboard.java

import java.io.*;


public class InputKeyboard{
public static String inputString(){
int karakter;
String str ="";
boolean selesai = false;


while(!selesai){
try{
karakter = System.in.read();
if(karakter < 0 || (char) karakter == '\n') selesai = true;
else if ((char) karakter != '\r') str = str + (char) karakter;
}catch(java.io.IOException e){
System.err.println("Ada kesalahan");
selesai = true;
}
}
return str;
}
}



Program InputArray.Java

public class InputArray
{
public static void main (String[]args)
{
String [] custumer;
int i,j;
int []diskon;
int []totalPembelian;
int []jumlahBayar;
String dataInput;


System.out.print("Masukan Jumlah Custumer : ");
dataInput = InputKeyboard.inputString();
j = Integer.valueOf(dataInput);
custumer = new String[j];
diskon = new int[j];
totalPembelian = new int [j];
jumlahBayar = new int [j];


        System.out.println("-- Entry Data Custumer --");
        for(i=0;i<j;i++){
System.out.print("Nama Custumer Ke-"+i+" : ");
custumer[i]=InputKeyboard.inputString();


   System.out.print("Masukan Total Pembelian"+i+" : ");
   dataInput =InputKeyboard.inputString();
   totalPembelian[i] = Integer.valueOf(dataInput);
}


System.out.println("=== Daftar Nama Custumer ===");
for(i=0;i<j;i++){
if(totalPembelian[i] >= 5000000){
diskon[i] = totalPembelian[i]/10;
}else if (totalPembelian[i]>=1000000){
diskon[i] = totalPembelian[i]/20;
}else{
diskon[i] = 0;
}
}


for(i=0;i<j;i++){
jumlahBayar[i] = totalPembelian[i] -diskon[i];
System.out.println(custumer[i]+ " " +totalPembelian[i]+" "+diskon[i]+" "+jumlahBayar[i]);
}
}
}



                                             ----- Selamat Mengerjakan -----
»»  READ MORE...

Interoperabilitas

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 

Klasifikasi berdasarkan skala :

* Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
* Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
* Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

* Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

* Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

* Topologi bus
* Topologi bintang
* Topologi cincin
* Topologi mesh
* Topologi pohon
* Topologi linier

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
* Jaringan terpusat
* Jaringan terdistribusi
2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
* Jaringan LAN
* Jaringan MAN
* Jaringan WAN

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
* Jaringan Client-Server
* Jaringan Peer-to-peer
4. Berdasarkan media transmisi data
* Jaringan Berkabel (Wired Network)
* Jaringan Nirkabel(WI-FI)




Beberapa perbedaan OSI Layer dengan TCP/IP Layer yang aku simpulkan menjadi 5 buah perbedaan.

1. OSI layer memiliki 7 buah layer, dan TCP/IP hanya memiliki 4 Layer
2. 3 Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan session direpresentasikan kedalam 1 lapisan Layer TCP/IP, yaitu layer application.
3. Layer Network pada OSI Layer direpresentasikan sebagai Layer Internet pada TCP/IP Layer, namun fungsi keduanya masih tetap sama.
4. Layer Network Access pada TCP/IP menggabungkan fungsi dari Layer DataLink dan Physical pada OSI Layer, dengan kata lain, Layer Network Acces merupakan representasi dari kedua layer paling bawah dari OSI Layer, yaitu DataLink dan Physical.
5. TCP/IP layer merupakan “Protocol Spesific”, sedangkan OSI Layer adalah “Protocol Independen”


»»  READ MORE...

Kamis, 05 Mei 2011

MANAJEMEN MEMORI

1. Pengertian Dasar
Media penyimpanan data di dalam Komputer disebut dengan Memory atau storage. Pengertian Memory terbagi menjadi 2 , yaitu internal memory dan external memory.

Ada dua pengaruh dari manajemen memory dalam pembuatannya, yaitu :
1. Diinginkan bahwa memory manajemen harus sesederhana mungkin.
2. Ada kehendak supaya pemakai bisa fleksibel dalam penggunaannya.

Kebanyakan Komputer, selain dilengkapi dengan memory Utama ( real memory), dilengkapi  dengan media penyimpanan ( Hard storage )Yang paling umum adalah  Disk, karena biayanya murah. Karena program dapat disimpan pada alat penyimpanan sekunder ini, maka ukuran program tidak dibatasi oleh ukuran memory utama.Dalam prakteknya, ruang alamat logis dari sebagian besar komputer lebih besar dari pada ruang alamat fisiknya

2. Internal Memory adalah memory yang terletak didalam CPU atau disebut juga dengan internal storage. Setiap data yang tersimpan akan ditempatkan dalam alamat tertentu sehingga Komputer dengan cepatnya menemukan data yang dibutuhkan.
Internal Memory terbagi 2 ;
1. RAM, menyimpan program dan data ,  terdiri dari : input are, program area, working area.
2. ROM , Menyimpan berbagai program yang berasal dari pabrik Komputer.       
External Memory      
Adalah suatu tmpat atau sarana yang dapat dipakai komputer untuk menyimpan data atau program , dan mempunyai fungsi hampir sama dengan internal storage.

Mengapa memori perlu diatur ?
Memory perlu diatur agar proses dapat berjalan dengan efisien, dimana data dan program harus disimpan dalam lokasi yang sama untuk memory.
                       
Secara umum, memory utama harus diatur sebaik mungkin supaya ;
1. Meningkatkan utilitas CPU yang sebesar – besarnya.
2. Data dan instruksi dapat diakses dangan ccepat oleh cpu.
3. Memory utama memiliki kapasitas yang sangat terbatas sehingga pemakaiannya harus seefisien mungkin.
4. Transfer data dari atau ke memory utama ke atau dari cpu dapat efisien.
Pengolahan memory memegang peranan penting ,karena memory bertugas menyimpan program dan data selama pelaksanaan.

Ada beberapa syarat Pengelolaan memory, antara lain ;
a. Relokasi , Prosesor dan sistem operasi harus dapat mentransfer memory referensi ( dalam bentuk kode program ) ke alamat fisik yang mengalokasikan program dalam memory utama.
b. Proteksi, User tidak boleh mengakses beberapa bagian dari wilayah sist.operasi
c. Sharing, memory skunder pada manajemen memory dapat mengontrol sharing area pada memory utama.
d. Organisasi Logika, sistem oerasi dan hardware berusaha untuk dapat berhubungan dengan user program dalamsatu modul.
e. Organisasi fisik, harus ada pengaturan yang jelas antara memory utama dngan memory skunder pada Longterm scheduling.

 Terdapat 7 cara manajemen manajemen memory didalam memuat pengolahan Memory, antara lain ;
1. Single Continous Allocation Memory Management ( SCMM)
2. Partitioned Allocation Management Memory (PMM )
3. Relocation Partitioned MM
4. Paged MM
5. Demand Paged MM
6. Segmented MM
7. Segmented and Demand Page MM

1. Single Contignous Allocation Memory       Management  (SCMM )
Memori ini setiap saat hanya dipakai untuk 1  Job saja, terdiri dari 1 memori yang bersinambungan sehingga memori ini yang paling sederhana, dan mempunyai sifat –sifat, antara lain ;
     a. Sederhana , untuk mengatur penggunaan memori
    b. Memori ini dibagi 2 bagian , yaitu untuk sistem Operasi dan sisanya untuk Job.
    c.  Tidak ada multiprogramming.
    d.  Job dikerjakan satu demi satu sampai selesai.

SCMM memiliki beberapa keunggulan, antara lain :
  1. Operating systemnya sangat mudah, kira kira membutuhkan 1 kbyte
  2. Didalamnya, tidak diperlikan pengetahuan yang terlalu rumit.
  3. Tidak memerlukan perangkat keras khusus.
SCMM memiliki kelemahan , antara lain ;
  1. Memori yang ada kadang – kadang tidak di pergunakan , tidak efisien.
  2. Kalau programnya, menunggu I/O , maka memory tidak dipakai sama sekali.
  3. Setiap proses yang dijalankan, besarnya harus maksimum dengan memory yang ada, yaitu sesuai dengan yang tersedia.
  4. Pemakai prosecessor tidak efisien.
  5. Besarnya user’s job maksimum sebesar memory yang ada.


»»  READ MORE...

SISTEM OPERASI KOMPUTER

Sistem Operasi merupakan bagian dari kegiatan Komputer sehingga tidak mudah untuk merumuskan dari sistem operasi.Untuk menjelaskan arti sistem operasi komputer, sejumlah orang mengemukakan beberapa pendekatan ke sistem tersebut., baik dari sudut pandang pengawasan , sudut pandang mengelola monitor , maupun sudut pandang mesin .

Sistem operasi harus harus dirancang, didesain dan dibuat terus sehingga dapat mengikuti perkembangan bidang Teknologi, terutama bidang Komputerisasi .
Sistem yang dijual dewasa ini biasanya digunakan untuk kegunaan umum atau keperluan pemakaian di perkantoran. 

Tujuan – Tujuan Sistem Operasi adalah; 
     1. Agar pemakai dapat merancang sistem operasi atau memodifikasi sistem operasi yang telah ada sesuai dengan kebutuhan user. 
     2. Agar dapat menilai Sis. Operasi dan memilih alternatif sist. Operasi sesuai dengan tujuan sist. Komputer yang dikembangkan.

Pengertian Sistem. Operasi
Secara umum sist. Operasi didefinisikan sebagai sekumpulan program yang bertindak sebagai penyalin antara user dengan Hardware .

 Komponen-komponen suatu sistem operasi pada umumnya terdiri dari ;

1.Eksekusi, adalah program yang digunakan untuk mengontrol   operasi seluruh sistem, baik pada waktu normal maupun abnormal.

2. Device driver, adalah program yang memberikan jalinan ke bermacam – macam perangakt keras dari sis. Komputer.

3. File handling system digunakan untuk me-manage file . File adalah koneksi dari informasi yang terorganisir dan biasanya disimpan dalam media magnetic.

4. Console command Processor , adalah program untuk memproses perintah –perintah yang diberikan oleh user.

5. Utility, adalah program yang dibuat untuk memudahkan pemakaian  komputer , misalkan membuat program , memanggil Library atau men-debug

Dengan pengertian diatas, dapatlah dinyatakan bahwa sist. Komputer adalah suatu program yang mengontrol eksekusim  dari aplikasi program dan bertindak sebagai penghubung antara user komputer dengan user hardware.

Perkembangan sist.operasi 
Perkembangan siste. Operasi dari tahun ke tahun sangatlah cepat, antara lain ;

Open shop system, komputer ini tidak memiliki sistem operasi . Setiap orang yang ingin memakai komputer harus mendaftarkan jadwal rencana pemakaiannya ke pengelola komputer.

Operator driven shop. Penggunaan didahului oleh berbagai persiapan , termasuk pemuatan bhs pemograman , program dan data. Setiap bergantian pekerjaan, maka setiap kali operator harus mempersiapkan komputernya. Pergantian tersebut menimbulkan kelambatan , kecuali kalau pekerjaan itu serupa. Untuk menghilangkan kelambatan , maka sebelum pekerjaan dimulai operator dapat mensortir pekerjaan menurut jenisnya.

Operasi off-line.Komputer menggunakan kartu lobang (punch card) untuk memasukan data ke punch card. Kemudian, kartu lobang yang sudah berdata ini memasukan data ke dalam komputer
Operasi Spool,melalui alat masukan, operator sudah dapat langsung memasukan data ke dalam pita magnet tanpa harus melalui punch card
Operasi time Sharring. Operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem operasi batch multi proggramming . Sistem ini menyediakan peluang bagi para user untuk dapat berinteraksi dengan komputer

Operasi real time programming. Pengelolaan data dari suatu pekerjaan di dalam komputer dapat dilakukan segera ataupun pada waktu tunda.

Sistem operasi sebagai Pengelola Sumber Daya
Sistem. Komputer adalah sekumpulan sumber daya untuk memindai, menyimpan , dan memproses data serta untuk mengendalikan fungsi ini. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola sumber – sumber daya . 

  Sumber daya pada sist. Komputer antara lain ;
                1. Perangkat keras , terdiri dari ;
                                a. Processor
                                b. Penyimpanan primer
                                c. penyimpanan sekunder
                                d. Input  device
                2. Perangkat Lunak , terdiri dari ;
                                a. Data
                                b. Proses
                3. Peralatan Komunikasi dan Jaringan

Struktur Dasar Sist. Operasi 

1. Sist. Monolitik
Pada sistem ini, sistem operasinya ditulis sebagai kumpulan prosedur , dimana setiap prosedur dapat memanggil yang lainnya jika diperlukan. Saat memakai sistem ini, tiap prosedur dalam sistem mempunyai interface yang telah ditetapkan.

2. Sistem Berlapis
Sistem ini dibuat secara hierarkhis berdasarkan lapisan – lapisan Lapisan bawah memberikan layanan untuk lapisan atasnya. Sistem ini dipakai oleh INTEL 386

3. Sistem dengan Mesin Maya
Struktur ini membuat seolah –olah pemakai mempunyai seluruh komputer dengan membuat simulasi atas mesin yang digunakan . Teknik ini digunakan oleh IBM /370

»»  READ MORE...

Jumat, 22 April 2011

Program Java menggunakan " i f else dan case"

Pernyataan IF
Pernyataan if merupakan salah satu pernyataan percabangan pada Java, dengan bentuk umum seperti :

if (suatu_kondisi)
      perintah1
else
      perintah2

Seperti biasa,perintah1 dan perintah2 bisa berbentuk blok yang terdiri dari beberapa perintah.Pernyataan if merupakan bentuk percabangan 2 arah.Bagian else yang terdiri dari kata "else" dan perintah2 tidak selalu harus ada.

Perhatikan bahwa baik perintah1 dan perintah2 bisa merupakan pernyataan if itu sendiri.Ada beberapa hal menarik yang mungkin berguna.Ambil contoh dalam pernyataan berikut :

if ( X > 0 )
    if ( y > 0 )
        Sytem.out.println("perintah1");
else
    System.out.prinln("perintah2");   


contoh program dengan menggunakan perintah "if else" :

public class IfThenTest
{

  public static void main(String[] args)
  {
    String month ="April";
    if (month.equals("January"))
    {
      System.out.println("Month was January");
    }
    else if (month.equals("February"))
    {
      System.out.println("Month was February");
    }
    else
    {
      System.out.println("Month was something else");
    }
  }

}

contoh program dengan menggunakan perintah "case" :

public class SwitchDemoFallThrough {

  public static void main(String args[]) {
    java.util.ArrayList<String> futureMonths = new java.util.ArrayList<String>();

    int month = 0;

    switch (month) {
      case 1: futureMonths.add("January");
      case 2: futureMonths.add("February");
      case 3: futureMonths.add("March");
      case 4: futureMonths.add("April");
      case 5: futureMonths.add("May");
      case 6: futureMonths.add("June");
      case 7: futureMonths.add("July");
      case 8: futureMonths.add("August");
      case 9: futureMonths.add("September");
      case 10: futureMonths.add("October");
      case 11: futureMonths.add("November");
      case 12: futureMonths.add("December"); break;
      default: break;
    }

    if (futureMonths.isEmpty()) {
      System.out.println("Invalid month number");
    } else {
      for (String monthName : futureMonths) {
        System.out.println(monthName);
      }
    }
  }
}

»»  READ MORE...