Sabtu, 09 April 2011

Pemrograman Berorientasi Objek

Pemograman adalah suatu bentuk aplikasi atau bisa disebut juga sofware.Yang dibuat dengan bahasa pemograman yang dapat menyelesaikan suatu tugas,fungsi perhitungan dengan menggunakan komputer.

Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
  • Kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
  • Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
1. Jalankan texpad pada komputer anda.

                                Gambar :Menjalnkan TexPad pada Menu Windows



                                               Gambar Tampilan TexPad
2.Ketiklah kode program berikut ini,pada jendela utama TexPad. ("Perhatikan Penulisannya!")
//Latihan pertama
public class Pertama
{
    public static void main(String[]args)
   {
            System.out.println("Kode Program Pertamaku");
    }
}
                                                  
•Buatlah Folder untuk menyimpan file2 kode java.
•Simpan dengan nama file “Pertama.java” di folder tsb
•Complile kode program dengan shortcut CTRL+1

                                                      Gambar CTRL+1

•Jalankan kode program dengan shortcut CTRL+2

                                                       Gambar CTRL+2
//Latihan kedua
class Sepeda{
       public static void Speed(){
           System.out.println(“Kecepatan Sepeda”);
    }

     void Pedal(){
           System.out.println(“Pedalnya ada 2”);
    }
}
•Simpan dengan nama file “Sepeda.java”
•Compile kode program dengan shortcut CTRL+1
                                                        Gambar CTRL+1 

//Latihan kedua
class SepedaBeraksi{
     public static void main(String[]args){
         Sepeda.Speed();
         Sepeda sepedaku = new Sepeda();
         sepedaku.Pedal();
     }
}
•Simpan dengan nama file “SepedaBeraksi.java”
•Compile kode program dengan shortcut CTRL+1
                                                        Gambar CTRL+1

•Jalankan kode program dengan shortcut CTRL+2
                                                       Gambar CTRL+2

Sedikit dari saya mengenai pengetahuan  Pemrograman Berorientasi Objek yang mungkin bermanfaat bagi anda semua yang membaca.Kalau ada yang salah dalam penyampaian dan penulisannya harap maklum karena penulis juga baru belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar